FOLLOW ME
Seeput

Skincare Routine Kulit Kusam, Kombinasi, Gampang Berjerawat

First of all, aku infoin dulu bahwa tulisan ini bukan deep review mengenai produk yang aku pakai yaa. Aku infoin beberapa hal penting aja tentang produk-produknya. Kulitku ada noda-noda bekas jerawat, tekstur kulit gak rata, gampang banget kusam, beruntusan dan jerawatan. Berminyak hanya di area dahi, dagu dan hidung (kulit kombinasi). Sebenernya, tujuan utama aku pakai skincare bukan buat whitening, atau biar jadi mirip eonni korea wkwkwk. Aku cuma pengen kulitku jadi kanvas yang lebih baik saat dipoles make up :)))) Tapi kalau hasil rutin skincare-an bisa jadi kaya Lee Sung Kyung ya itu mah bonus yang alhamdulillah banget haha.

Day Skincare
1. Face Wash aka Sabun Cuci Muka
Aku cukup yakin sih meski ngga setiap orang pakai rangkaian skincare macam-macam, tapi setiap orang at least pakai sabun cuci muka. Aku pakai Acnes Complete White Face Wash yang kaya gini:

(Dokumen Pribadi)

Produk ini mengclaim bisa membersihkan & mencerahkan wajah (brightening), sehingga noda hitam yang ada di wajah kita jadi tersamarkan. Plusnya, produk ini juga mengclaim bisa mencegah bakteri penyebab jerawat supaya gak muncul jerawat baru. Produknya ngga susah dicari, bisa dibeli offline di Borma (kayanya Borma cuma ada di Bandung ya?) atau beli online di Shopee. Harganya sekitar Rp 16.000 untuk ukuran 50gr.

2. Moisturizer aka Pelembab
Seperti namanya, produk ini tentunya berfungsi buat melembabkan ya. Aku pakai pelembab dari Acnes juga yang kaya gini:

(Dokumen Pribadi)

Claimnya, produk ini bisa melembabkan dan mencerahkan kulit wajah sehingga noda hitam di wajah tersamarkan. Aku beli di Borma, harganya sekitar Rp 25.000-30.000an gitu, untuk ukuran 40gr.

3. Sunblock/Sunscreen/Sun Protection
Ini yang wajib banget tapi masih banyak orang ngga pakai. Apalagi buat yang kulitnya gampang kusam dan gampang jerawatan, jangan skip pakai produk ini, supaya jerawatnya gak makin meradang. Aku pakai Emina Sun Protection SPF 30 PA +++

(Dokumen Pribadi)

Produknya juga gampang banget dicari, harganya sekitar Rp 25.000-30.000 untuk ukuran 60ml.

4. Loose Powder aka Bedak Tabur
Ini sebenernya ngga masuk skincare sih, tapi aku tulis aja karena aku pakai juga tiap pagi. Kalau buat daily (bukan mau ngedate sama suami atau mau kondangan), aku gak pernah pake BB cream, foundation, two way cake atau compact powder karena kulitku gampang jerawatan, gak tahan kalau tiap hari pakai produk yang 'berat'. Jadi setelah pakai pelembab dan sun protection, aku cukup pakai bedak tabur aja supaya kulitnya lebih matte. Aku pakai Marck's Beauty Powder yang kaya gini:

(Dokumen Pribadi)

Ini gampang dicari dan ramah kantong bangeet, kalau gak salah sekitar Rp 15.000 untuk ukuran 40gr. Mengandung salicylic acid yang bagus buat perawatan kulit berjerawat.

Night Skincare
1. Micellar Water
Honestly, aku jarang pakai micellar water kecuali kalau habis full makeup. Karena aku merasa face wash aku udah cukup membersihkan kalau seharian itu aku cuma pakai bedak tabur marck's aja, jadi gak perlu double cleansing.

(Dokumen Pribadi)

Aku pakai Garnier Micellar Water yang pink, produknya gampang dicari. Harganya sekitar Rp 28.000 untuk ukuran 125ml.

2. Face Wash
Setelah semua makeup dibersihkan pakai micellar water, lanjut cuci muka pakai Acnes Complete White Face Wash, sama seperti step siangnya.

3. Face Scrub
Face scrub ini fungsinya mengeksfoliasi supaya sel kulit mati di wajah kita terangkat. Kenapa eksfoliasi ini penting ? Karena kalau sel kulit matinya ngga diangkat, semua skincare gak bisa diserap sama sel kulit yang baru, jadinya percuma skincare-an. Tapi face scrub ini cukup dipakai seminggu 2x aja, jangan dipakai tiap hari, karena butiran scrub nya bisa jadi terlalu harsh buat kulit. Aku pakai Emina Apricot Jam Face Scrub kaya gini:

(Dokumen Pribadi)

Ini juga gampang dicari, harganya kalau gak salah sekitar Rp 25.000an.

4. Toner
Kalau kata beauty vlogger yang udah lebih berpengalaman, toner ini semacam gerbang dari semua skincare. Sebelum pakai skincare yang lebih deep ke kulit, pakai toner dulu supaya kulitnya siap menyerap produk skincare berikutnya. Aku pakai Some By Mi Snail Truecica Miracle Repair Toner.

(Dokumen Pribadi)

Aku gak tau kalau offline belinya dimana, karena yang aku tau, Some By Mi belum ada official store nya di Indonesia. Ini aku beli dari akun resminya Some By Mi di platform Shopee. Aku beli bundling sama serumnya, harganya sekitar Rp 460.000 (promo).

5. Serum
Karena serum itu bekerjanya di lapisan kulit yang dalam, jadi kalau udah cocok sama satu serum, itu bakal keliatan banget efeknya. Aku pakai produk Some By Mi juga, Snail Truecica Miracle Repair Serum, my most favorite 💛

(Dokumen Pribadi)

Di kulit aku, serum ini bener-bener works, bikin tekstur kulit lebih smooth, lembut, kenyal, membaik secara keseluruhan, dan enak aja kalau dipegang kulit wajahnya 😁

6. Sleeping Mask
Enaknya pakai sleeping mask, maskernya tinggal dibawa bobo aja gak perlu dibilas hehe. Aku pakai produk Some By Mi juga, Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask. Dari namanya aja udah jelas ya kalau sleeping mask ini buat mencerahkan. Efek dari wajah yang cerah adalaaaah noda-noda hitamnya gak keliatan lagi, that's why i choose this product 🥰

(Shopee somebymi_official_store.id)

Ini trial size nya, isinya 15gr dengan harga sekitar Rp 75.000 di akun resmi Some By Mi Shopee.


That's all skincare yang aku pakai, menurutku cukup simple karena emang kulit aku gak bisa pakai terlalu banyak produk. Bukannya terawat, malah jadi makin aargh! 😅

Tapi kalau ada yang bilang "Ah aku mah gak pakai apa-apa malah lebih bagus kulitnya. Daripada skincare-an mahal-mahal", just be grateful! Gak perlu nyinyirin yang lagi ikhtiar merawat kulitnya yaaa xoxo.
Kalau bisa milih, tentu aku juga bakal milih punya kulit yang udah sehat, gak bermasalah, tanpa pakai produk apapun. Kalau bisa milih, tentu aku juga bakal milih punya kulit yang cocok pakai produk lokal dan lebih ekonomis.

Sampai sekarang, alhamdulillah aku cocok dengan kombinasi skincare di atas. Aku berusaha mengurangi produk-produk yang belum terlalu aku butuhkan kaya eye cream gitu. Jadi aku pakai produk yang intinya aja.

Skincare itu cocok-cocokan, kaya nyari jodoh. Yang cocok di aku, belum tentu cocok di orang lain, begitu pula sebaliknya. Yang mahal belum tentu bagus & cocok, yang lebih murah juga belum tentu jelek & gak cocok. Paling penting menurutku harus tau dulu masalah kulit kita apa, jadi cari produk skincare nya yang fokus mengatasi masalah kulit itu. Semoga bermanfaat yaa ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email