FOLLOW ME
Seeput

5 Hal Yang Diperlukan Saat Berkegiatan Di Rumah

Bicara tentang perubahan hidup sebagai reaksi dari pandemi ini rasanya gak ada habis-habisnya. Seolah kita dipaksa untuk selalu beradaptasi dengan kondisi yang berubah dalam waktu singkat. Awalnya kita beradaptasi dengan ketidaknyamanan menggunakan masker di tengah teriknya hari. Kemudian kita beradaptasi dengan cairan-cairan beralkohol yang kabarnya mampu membunuh virus penyebab wabah ini. Tak lama setelah itu, kita harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan kerja dan sekolah yang sekarang dilakukan secara daring, di rumah. Tak lupa, PSBB yang sekarang tengah diterapkan di beberapa kota besar juga memaksa kita untuk kembali menyesuaikan pola hidup yang hampir berantakan.

Hang on, guys! Hang on a little longer.
Untuk mempertahankan kesehatan jiwa & raga di tengah pandemi ini, aku punya daftar hal-hal yang diperlukan saat berkegiatan di rumah. Check this out:

- Laptop/ Smartphone
Untuk yang lagi work from home, tentunya laptop diperlukan untuk menunjang tugas pekerjaannya selama di rumah. Untuk yang lagi menjalani belajar online, tentu laptop juga diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajarnya. Tapi kalau aku pribadi, karena memang dasarnya IRT, seringnya laptop ini aku pakai buat ngeblog, nonton film, dan main The Sims hehehe.
Nah, versi ringkasnya laptop adalah smartphone. Karena lewat smartphone juga udah bisa ngeblog, bisa nonton film, bisa main game, dan alatnya bisa dimasukin saku 😁. Tentunya, semua fungsi hiburan itu ngga menghapuskan fungsi utama smartphone sebagai alat komunikasi dengan kawan, saudara, dan keluarga yang jauh disana dan sampai saat ini belum bisa bersua.

- Koneksi internet
Belum lengkap sebuah gadget kalau tanpa koneksi internet. Apalagi di tengah penerapan pembatasan sosial seperti sekarang ini, salah satu cara supaya bisa terhubung dengan dunia luar adalah melalui koneksi internet. Video conference, belajar online, belanja online, streaming kajian, portal berita online, video call, semua bisa diakses hanya jika ada koneksi internet.

- Alat masak
Untuk yang tinggal bersama keluarga, alat masak mungkin bukan hal yang jarang ditemui. Tapi untuk mereka yang terpaksa menetap di kosan karena tak bisa pulang ke rumah orangtua, aku pikir alat masak ini perlu ada karena di tengah pandemi ini jarang ada restoran atau warung makan yang buka sampai malam, terutama saat jam sahur. Tentunya, ini bisa jadi salah satu cara untuk menghemat juga :) Dari pengalaman aku dulu saat ngekos, seminimal-minimalnya harus ada magic com. Kebanyakan orang mungkin menggunakan magic com hanya untuk memasak nasi. Tapi anak kos mesti memaksimalkan keajaiban dari magic com ini. Kalau kepepet bangeeet, magic com juga bisa dipakai masak telor, sosis, sayur, mie, bahkan spagetti. Cukup magic kan ? 😁

- Buku bacaan
Terlalu lama nongkrong di depan laptop atau layar smartphone tentu gak baik untuk kesehatan mata. So, I highly recommend you to have some books. Memang baca buku lama-lama juga bisa bikin mata lelah, apalagi kalau tulisan bukunya kecil-kecil haha. Tapiiiiii, inget buku ngga memancarkan radiasi loooh! Untuk yang punya balita, baca buku juga bisa jadi salah satu kegiatan menyenangkan di rumah. Buku dongeng hewan-hewan, misalnya.

- Mainan anak
Ini dia yang bisa bikin balita dan anak-anak betah di rumah. Supaya acara bermain ini lebih bervalue, pilih mainan edukasi yang sesuai dengan usia anak. Jadi, anak bisa mendapatkan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembangnya lewat kegiatan bermain yang menyenangkan ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email