FOLLOW ME
Seeput

Kiat Tetap Cantik Dan Sehat Di Bulan Ramadan

Alhamdulillah, 10 hari terakhir di bulan Ramadan sudah mulai dijajaki. Tapiii bukan berarti mesti males-malesan, lesu-lesuan, rebahan seharian karena Ramadannya hampir selesai. Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya mood yang baik dan stamina tubuh tetap terjaga saat menunaikan ibadah puasa, yaitu:

1. Tetap mandi pagi
Siapa yang sering merasa beraaaat buat mandi pagi saat lagi di rumah aja seperti sekarang ini ? 😁 Meskipun gak pergi kemana-mana, tapi dengan tetap mandi pagi ini bisa meningkatkan mood di awal hari loooh!

2. Pakai skincare
Diam di rumah aja, bukan berarti libur merawat kulit wajah. Saat berpuasa, kulit wajah cenderung menjadi lebih kering karena pola tidur yang berubah atau kurangnya asupan cairan. Tetap bersihkan kulit wajah secara teratur, dan lakukan eksfoliasi 2x seminggu untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan pelembab untuk untuk mengatasi kulit yang kering dan jangan lupa pakai sunscreen. Untuk mengatasi bibir yang kering, gunakan juga lip balm.

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Banyak minum air putih bukan saja menghidrasi tubuh, tapi juga menghidrasi kulit dengan baik. Minumlah minimal 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas saat sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hindari kafein karena sifat kafein justru bisa menyebabkan buang air kecil terus menerus sehingga cairan dalam tubuh lebih cepat hilang.

4. Makan sahur
Makan sahur saat berpuasa, sama pentingnya seperti sarapan di hari-hari yang lain. Ini akan menjadi sumber energi untuk belasan jam berikutnya sampai tiba waktu berbuka. Jadi, salah satu cara sederhana untuk menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa adalah dengan tidak melewatkan makan sahur.

5. Makan makanan yang sehat
Perhatikan menu makanan saat sahur & berbuka. Perbanyak makan sayuran & buah, hindari makanan yang deep fried dan tinggi gula. Berdasarkan pengalaman pribadiku, asupan-asupan yang masuk ke tubuh juga mempengaruhi kondisi kulit loh. Saat aku kurang minum, kurang makan sayuran, atau malah banyak makan gorengan, kulitku jadi lebih kering, kusam, atau lebiiiih berminyak. Kondisi kulit yang gak seimbang, gak sehat dan gak prima ini biasanya bikin aku jadi gampang komedoan dan jerawatan.

6. Kendalikan nafsu makan saat berbuka
Memang menu berbuka seringkali begitu menggoda. Tak sedikit juga orang yang menjadikan waktu berbuka sebagai ajang balas dendam setelah seharian berpuasa. Tapi, makan berlebihan juga akan menjadi masalah bagi organ pencernaan, apalagi setelah seharian tidak bekerja.

7. Olahraga
Puasa bukan halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Selama bulan Ramadan, olahraga bisa dilakukan menjelang berbuka, dengan intensitas yang ringan sampai sedang. Olahraga yang rutin bisa mengurangi stress dan melancarkan metabolisme tubuh.

8. Tidur yang cukup
Jam tidur akan berkurang saat harus bangun sahur. Beberapa orang bahkan tak bisa beristirahat lagi. Sebagai gantinya, jangan tidur terlalu larut jika tak ada kepentingan. Tidur yang cukup bisa mencegah keluhan-keluhan seperti tubuh lemas, pusing, atau sakit kepala. Selain itu, cukup tidur juga akan menjaga kulit tetap sehat.

Semoga kiat-kiat yang singkat ini bisa bermanfaat yaa ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

18 comments

  1. Mba, boleh tahu ngga itu Mba eksofiliasi nya pakai apa ya😆 aku nyari yang cocok belum ada yang pas 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cocoknya pakai emina apricot jam face scrub, mbak 😁

      Delete
  2. Nah iya bener mba yg kerasa bener jd males mandi hahahha..soalnya ga kemana2 ya, makdi tuh menjelang dzuhur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak aq jg.... Mandi jelang dzuhur. Segeeer 😅

      Delete
  3. Walau dirumah aja aku rajin kok Mandi wkwk

    ReplyDelete
  4. yg jd tantangan adalah olga...fufufufu
    klo ahad liburpun, malah jd pngen males2an..aplg semenjak ada pandemi 😥😔

    ReplyDelete
  5. Klo pas WFH kegoda buat gak mandi pagi itu mbaa
    Hihihiihi
    Mamaciiw reminder nyaaa ♥

    ReplyDelete
  6. Skincare an yg kadang lupa😂

    ReplyDelete
  7. Olahraga yang masih PR mba hehe
    Kadang cuma bisa gerak sebentar 😆😆

    ReplyDelete
  8. Klo dilist gini jdi sadar ada aja yg ketinggalan dilakuin, terutama olahraga 😆

    ReplyDelete
  9. 8 kiat yang sangat penting banget nih mba. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Wah sangat bermanfaat infonya ❤️

    ReplyDelete
  11. Aku tim mandi pagiii tapi ga mandi soreeeee (loh). Makasih sharingnya mbakkkkk

    ReplyDelete
  12. Bener bangeet mandi pagi bisa tambah semangat walaupun berat, wkwk

    ReplyDelete
  13. Nah mandi ini kadang masih belum disiplin ya. Apalagi semua dari rumah. Fix mandi jadi urusan nomer sekian. Hehe. Btw, nice tips

    ReplyDelete
  14. Susah banget buat olahraga mba.. Mau olahraga pagi, takut lemes. Olahraga sore, udah capek duluan 😂

    ReplyDelete
  15. Nah, olahraga yang masih susah saya lakukan mbaa.. Hehe Mudah2an saya bisa segera ikut jejaknya ya, walaupun sepertinya setelah Ramadhan memulainya 😅

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email