FOLLOW ME
Seeput

Santapan Khas Lebaran Tanah Sunda

1 comment
Sejujurnya, aku gak pernah mengambil bagian sebagai pemeran utama kalau perkara masak memasak. Dari zaman single sampai ibu beranak balita, skill memasak aku gak banyak meningkat, apalagi buat masak masakan lebaran yang banyaaaaak pakai bumbu dan rempah-rempah 😅. Dan karena sampai sekarang pun lebarannya selalu gantian di rumah mamahku dan rumah mamah mertua, jadi aku selalu kebagian peran-peran sederhana tapi penting (?) seperti: mengisi ketupat, mengupas & memotong kentang, mengupas & memotong wortel, dan tentuuuu ngupasin bawang!

Aku gak yakin apakah makanan-makanan yang bakal aku tulis di bawah ini selalu ada di setiap keluarga tanah Sunda. Tapi di keluargaku, ini makanan khasnya:

1. Ketupat

Ini kaaaaan yang jadi icon lebarannya. Tentu gak boleh kelewat bikin ketupat meski cuma seikat. Iya, mamahku seringnya beli ketupat cuma 1 ikat (kalau gak salah isinya 10 biji) buat sekali makan aja. Karena setelah sarapan ketupat itu, biasanya kita lanjut mudik ke Cianjur, dan makan ketupat lagi di sana 😁.

2. Opor ayam
Menu selanjutnya yang selalu ada di keluargaku saat lebaran adalah opor ayam. Semua orang di keluargaku suka banget opor ayam, kecuali aku :(. Entah kenapa yaaa, dari dulu aku kurang suka masakan-masakan bersantan apalagi ditaburi bawang goreng huhuuu.

3. Krecek daging sapi
Mamah emang know me so well. Karena gak suka opor ayam, jadi mamah juga selalu bikin krecek yang aku suka :)))).

4. Sambal goreng kentang & ati
Di keluargaku gak ada yang kuat makan makanan pedas. Jadi, masakan apapun yang meski warna nya merah, dibuat ngga pedas, termasuk sambal goreng kentang & ati ini hehe.

5. Bihun goreng
Aku gak yakin sih bihun goreng ini tergolong makanan khas lebaran atau ngga, tapi di keluargaku selalu ada kok 😁. Suamiku gak terlalu suka masakan berbahan dasar bihun, tapi aku sukaaaaa banget. Waktu lagi diet pun aku sering makan bihun wortel doang xoxo.

6. Ase cabe hijau
Ini seharusnya jadi masakan yang bercita rasa pedas juga. Tapi seperti sambal goreng kentang tadi, ase cabe hijau juga dibikin ngga pedas. Yaaa, ada pedasnya sedikit lah. Sedikiiiiit aja 😁

7. Kerupuk
Last but not least, bukan cuma aku kan yang merasa kesepian saat makan tanpa kerupuk ?? Yups. Suara renyahnya itu melengkapi keseruan santapan lebaran ^^




Sumber gambar
Ketupat:
https://m.trubus.id/baca/18298/ketupat-lebaran-sejarah-makna-dan-filosofinya
Opor ayam:
https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3761159/resep-lebaran-spesial-opor-ayam-kampung-lezat
Krecek daging sapi:
http://www.sajianbunda.com/resep-krecek-daging-sapi-enak-sederhana/
Bihun goreng:
https://tandaseru.id/resep-bihun-goreng-bumbu-iris-bisa-jadi-masakan-sahur-antiribet/
Sambal goreng kentang & ati:
https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-sambal-goreng-kentang-ati-ampela-tanpa-santan-yang-paling-sedap-dan-gurih-serta-nikmat
Ase cabe hijau:
http://www.masakandapurku.com/2016/05/resep-membuat-ase-cabai-khas-garut.html?m=1
Kerupuk:
https://www.google.com/amp/s/www.grid.id/amp/04911164/mengenal-sejarah-kerupuk-kudapan-favorit-almarhum-olga-syahputra
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Follow by Email