FOLLOW ME
Seeput

Tips Hemat Lebaran Saat Pandemi: Kendalikan Keinginan Berbelanja

Ada sedikit perasaan lega saat dana tunjangan hari raya sudah mengisi rekening. Tapi tak bertahan lama, kecemasan & rasa khawatir kembali menyergap di tengah di situasi yang tak pasti ini. Tak ada satu manusia pun yang tau kapan pandemi mereda, kapan angka kasus positif berhenti bertambah, kapan roda ekonomi kembali berputar.

Manusia memang hanya bisa berencana, karena Allah lah Yang Maha Berkehendak. Dan karena kapasitas kita hanya sebagai perencana, please be a good planner. Buatlah rancangan anggaran dengan bijak dan pertimbangan yang matang, untuk tetap bisa bertahan di hari-hari ke depan. These are some tips for you:

1. Buat skala prioritas
Untuk bisa membuat rancangan anggaran yang tepat saat lebaran di tengah pandemi ini, buatlah skala prioritas. Kebutuhan mana yang harus didahulukan, dan keinginan mana yang bisa ditunda sampai nanti pandemi ini mereda. Dengan adanya skala prioritas, kita akan terbantu untuk mengalokasikan dana dengan bijak, tak sembarang membelanjakannya.

2. Manfaatkan promo yang ada
Saat harus berbelanja untuk kebutuhan di rumah, jangan sungkan memanfaatkan promo-promo di marketplace ataupun di supermarket. Tentunya, kita bisa lebih berhemat dengan promo-promo ini 😁

3. Kendalikan keinginan untuk berbelanja
Seringkali kita tergiur dengan barang-barang yang sebenarnya tak ada di daftar belanja, tapi terlalu sayang untuk dilewati. Adakah yang sering kepincut barang-barang diskon di luar daftar belanja ? 😁😅 Meski diskon, baiknya kita bertanya pada diri sendiri dulu sebelum benar-benar membeli barang tersebut. Untuk apa kita memerlukan barang ini ? Apakah di rumah masih ada barang dengan fungsi yang sama ?

4. Ganti 'membeli' dengan 'membuat'
Lebaran identik dengan aneka kue kering yang dipajang di toples-toples cantik. Tahun ini, daripada membeli, cobalah untuk membuat kue sendiri. Selain menghemat, baking bersama keluarga juga bisa mempererat bonding dan ada keseruannya tersendiri looh! Bagi yang punya balita, cobalah berhemat dengan membuat mainan sendiri, daripada membeli. Luckily, saat ini ada banyak akun yang menampilkan cara membuat mainan edukasi untuk balita & anak dari bahan-bahan bekas.

5. Tetap di rumah
Cara sederhana & pasti untuk menghemat di hari lebaran juga adalah dengan tetap di rumah. Tak mudik, tak pergi berlibur, ataupun sekedar rekreasi ke tempat wisata. Selain jadi bisa berhemat, tentunya ini juga jadi salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan untuk membantu memutus rantai COVID-19, untuk menjaga keselamatan keluarga & orang lain.

Semoga bermanfaat yaa ^^


Reaksi:
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email