FOLLOW ME
Seeput

13 Kontribusi Blogger Pemula di Hari Blogger Nasional

1 comment
Hari Blogger Nasional

Hari ini, 27 Oktober 2020, blogger nusantara merayakan Hari Blogger Nasional ke 13. Tentunya makna tanggal bersejarah ini bukan hanya sebuah perayaan untuk blogger-blogger senior, tapi juga estafet semangat untuk berkontribusi bagi blogger pemula.

Karena aku juga masih seorang blogger pemula, jadi tulisan ini dibuat dari sudut pandang seorang blogger pemula juga.

Memang apa sih yang bisa dilakukan blogger pemula untuk ikut berkontribusi di Hari Blogger Nasional ini? Yang namanya pemula kan masih belajar, masih anak bawang. Memang sudah bisa berkontribusi?

Bisa kok bisa, hahaha.. At least ada 13 cara yang bisa aku rangkum untuk menjaga dan meneruskan spirit Hari Blogger Nasional ala blogger pemula :)

Kenali Sejarah Hari Blogger

Jika itu aku, misalnya ada orang yang mengaku suka apalagi cinta, tapi ia tak tahu tanggal ulang tahunku, tak tahu siapa orangtuaku, tak tahu darimana asalku, mungkin aku hanya akan menganggap perasaannya sebagai angin lalu hahaha..

Maka dari itu, sebagai blogger pemula yang mengaku suka menulis dan blogging, aku juga mencoba mencari tahu, mengenali sejarah blog sedikit demi sedikit.

Mulai dari mengenali Bapak Muhammad Nuh, Menkominfo yang pertama kali mencanangkan hari blogger di tanggal 27 Oktober 2007 lalu, atau tentang Justin Hall yang berinisiatif membuat personal home page sebagai cikal bakal blog pada tahun 1994 lalu.

Belajar Menulis

Meski pada tingkat lanjutannya kegiatan blogging bukan hanya sekadar menulis, tapi skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang blogger adalah skill menulis. Kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan yang berkualitas. 

Jadi, belajar menulis artikel yang berkualitas itu adalah suatu keharusan untuk seorang blogger, karena tulisannya akan menjadi cerminan dari pemikirannya dan kepribadiannya.

Jangan Patah Semangat

I know, seringkali rencana yang udah tersusun rapi bisa berantakan seketika karena hal-hal yang tak diprediksi. 

Udah berencana mau ikut kelas menulis online hari ini, udah siap segala macam alat tempur (baca: alat tulis), tiba-tiba si balita tantrum tak berkesudahan. Sudah berencana mau menelurkan satu artikel minggu ini, tiba-tiba bos di kantor memberi setumpuk pekerjaan yang tenggat waktunya juga minggu ini.

It's okay, tak apa. Hidup memang bekerja dengan cara seperti itu. Just.. hang on, tak selamanya rencana kita selalu tinggal wacana. Jadi, jangan dulu menyerah. Please, pastikan semangatnya tak redup untuk menebar manfaat lewat tulisan di blog.

Mengikuti Perkembangan Platform

Biasanya selalu ada pembaharuan versi di setiap platform blog. Seorang blogger juga perlu mengikuti pembaharuan-pembaharuan tersebut, supaya tidak kaku jika tampilan dashboardnya berubah dan bisa segera mengoptimalkan fungsi jika ada fitur baru.

Tidak Mudah Merasa Puas

Salah satu perasaan yang membahayakan adalah rasa puas. Kenapa aku sebut membahayakan? Karena saat seseorang merasa puas, ia akan berhenti bergerak.

Begitu juga saat seorang blogger merasa sudah puas dengan ilmu blogging yang dimilikinya, makan ia akan berhenti belajar dan akhirnya berhenti berkembang.

Bagikan Tulisan yang Bermanfaat

Cobalah melihat segala sesuatu dari berbagai perspektif, agar ada kebaikan yang selalu bisa didapat. Karena tak ada yang selalu buruk, dan tak ada yang selalu baik. Bahkan pandemi yang dihadapi ratusan negara di dunia pun masih punya sisi baiknya jika dilihat dari sudut pandang yang tepat.

Dengan membuka pikiran dan meluaskan pandangan, seorang blogger diharapkan mampu membuat tulisan hanya yang bernilai kebaikan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Jadi, meskipun tulisannya nyerempet-nyerempet curhat, pastikan masukkan moral value di dalamnya yaa :)

Mau Mengoptimasi Blog

Level selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengoptimasi blog supaya tulisan kita mencapai lebih banyak pembaca, dan makin banyak orang yang terbantu dengan berbagai informasi yang didapatkannya dari blog.

Buat Rencana Postingan

Salah satu cara melatih konsistensi dalam membuat tulisan di blog adalah menyusun rencananya. Dengan membuat perencanaan seperti ini, kita jadi lebih mudah mengatur keseimbangan kategori di blog kita, tidak ada kategori yang lebih mendominasi dan kategori yang seperti terabaikan :D

Menjaga Citra Baik Blogger

Meskipun cikal bakal blog adalah personal home page, dan sebuah blog memang sangat erat dengan personal touch si pemilik blog, seorang blogger tetap harus menjaga citra baiknya untuk membangun trust dengan pembaca.

Jika seorang public figure menjaga citra baiknya lewat penampilan dan sikapnya di depan masyarakat, seorang blogger menjaga citra baiknya lewat bahasa dan topik-topik di tulisannya :)

Personal Branding sebagai Blogger

Banggalah menyebut dirimu blogger. Kapanpun ada kesempatan untuk menyebut dirimu blogger, maka lakukan ya! Siapa tahu ada orang yang terinspirasi untuk meluaskan manfaat lewat tulisan juga setelah melihat dirimu yang bangga sebagai seorang blogger.

Sharing Ilmu

Sampaikan ilmu dalam dirimu meski hanya sedikit. Yang menurutmu sedikit, mungkin sangat berarti bagi orang lain. Selain berbagi ilmu bisa membuatmu bahagia, kamu juga bisa makin terpacu untuk belajar lebih banyak hal lagi.

Ikut Komunitas

Menurut pengalamanku, salah satu faktor yang paling berpengaruh pada perkembangan diri kita adalah lingkar pertemanan. Untuk memperkuat keyakinan sebagai seorang blogger, bergabunglah dengan sebuah komunitas khusus blogger.

Selain bisa sharing banyak hal terkait blogging, kamu juga bisa jadi lebih semangat menulis saat melihat kawan-kawan yang sudah menelurkan artikel berkualitasnya di saat itu.

Belanja Ide

Ide menulis itu seperti bahan masakan. Harus dibeli dulu, baru bisa diolah jadi masakan. Untuk bisa produktif menulis, sering-seringlah belanja ide dengan mengisi pikiran, pendengaran, perasaan dan pengetahuan lewat membaca buku, mengamati sekitar, atau sekadar nonton film.

Sumber Inspirasi dan Motivasi

Last but not least, seorang blogger pemula juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk teman-teman blogger pemula lainnya atau temen-teman yang berkeinginan menjadi blogger tapi masih dipenuhi keraguan akan banyak hal. Jadi, jangan merasa insecure hanya karena dirimu pemula ya!


Nah, itu dia 13 hal yang bisa dilakukan oleh blogger pemula untuk menjaga dan meneruskan semangat positif Hari Blogger Nasional. Meskipun masih anak bawang, blogger pemula juga tetap bisa berkontribusi dan produktif kok :)

Semangat ya! Selamat Hari Blogger Nasional ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

1 comment

  1. mengoptimasi blog dan membuat rencana postingan setujuu ini yang perlu di upgrade..

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email