FOLLOW ME
Seeput

Mengenal Istilah Blogging dan Merancang Blog Impian

Mengenal Istilah Blogging

Ada banyak istilah blogging yang harus akrab di benak blogger. Tapi, di tulisan ini, aku akan berfokus pada istilah blogging yang menurutku wajib diketahui dulu oleh blogger pemula. Memahami istilah blogging ini bisa membantu blogger pemula dalam merancang blog impiannya.

Aku mengenal istilah-istilah ini dari kelas Blogspedia Coaching for Newbie. Bagi pemula, mungkin istilah-istilah blogging ini akan terasa asing pada awalnya. Sebab itu, setelah menemukan My Big Why menulis di blog, yuk kenalan lebih dekat dengan istilah-istilah yang biasa dipakai dalam dunia blogging! Supaya lebih seru, segera rancang blog impianmu setelah memahami istilah-istilah ini ya :)

Platform dalam Istilah Blogging

Ada banyak platform yang bisa dipilih untuk membuat blog, seperti blogspot, wordpress, tumblr, dan lain-lain. Masing-masing platform tentu punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selebihnya, kenyamanan penggunalah yang memegang kendali untuk memilih platform blog yang akan digunakan.

Jadi, tidak ada salah atau benar dalam memilih platform blog. Pilihlah yang paling nyaman untuk dirimu.

Template

Secara sederhana, template adalah desain tampilan blog. Bagiku, blog impianku adalah halaman blog dengan template yang memberi wadah cukup besar untuk header image, memberi ruang untuk menampilkan fotoku di bagian About Me, berlatar putih, tulisan tegak dan ramping dengan warna hitam, dan sentuhan warna peach pastel di logo serta headernya.

Niche dalam Istilah Blogging

Niche adalah topik tulisan blog. Apa yang akan kamu bicarakan lewat tulisan-tulisan di blogmu? Topik apa yang diwakili oleh blogmu?

Ada 2 macam niche, yaitu specific niche dan lifestyle niche. Dalam specific niche, kamu hanya harus fokus pada satu tema yang dipilih sebagai ruh blogmu. Misalnya travel blog, food blog, parenting & family blog, dan lain-lain. Sedangkan dalam lifestyle niche, kamu bisa menulis banyak hal yang menarik perhatianmu.

Pemilihan niche ini nantinya akan mempengaruhi identitas blog seperti pemilihan judul, tagline, logo, kombinasi warna di template bahkan gaya bahasamu dalam menulis. Jadi, jangan remehkan pemilihan niche ini yaa.

Menurutku, lifestyle niche lebih cocok untuk pemula sepertiku. Selain meminimalisir kehabisan ide menulis, keberagaman tulisan yang menjadi ciri khas di lifestyle niche ini juga bisa membuka lebih banyak peluang untuk bekerja sama dengan berbagai pihak.


Judul

Semua hal di blog impian kita tentunya akan menggambarkan diri kita secara personal. Sebagai contoh, aku memilih nama Seeput untuk blogku. Untuk melengkapinya, aku menggunakan kalimat yang mengandung kata See dan kata Put. See The World from Puput View.

Tagline

Inilah serangkaian kata yang memperkuat branding blog kita. Karena blogku adalah lifestyle niche, aku membuat tagline Journaling Many Things The Way I SeeJournaling Many Things menegaskan bahwa blogku adalah lifestyle blog yang akan berisi tulisan dengan berbagai tema. Aku juga mencoba konsisten dengan menggunakan kata ‘see’ sebagai identitas blogku.

Meta Deskripsi dalam Istilah Blogging

Meta Tag atau Meta Deskripsi adalah penjelasan tentang kata kunci blog kita, biasanya muncul saat blog kita ada di mesin pencari.

Meskipun aku mengusung lifestyle niche, ada beberapa topik yang akan mendominasi genre tulisan di blogku. Jadi, jika harus mendeskripsikan blogku dalam ratusan karakter, aku pikir kalimat yang tepat adalah Personal Blog of Puput Maulani Mariam that journaling about many things such as lifestyle, parenting, beauty and anything else.

Logo

Salah satu bagian yang paling aku suka dari serangkaian rancangan blog impian adalah membuat logo. Kata Seeput dalam judul blogku mempunyai bunyi/cara pengucapan yang sama dengan nama hewan bercangkang golongan moluska Gastropoda yaitu ‘siput’.

Terinspirasi oleh hal tersebut, aku membuat logo dengan menggunakan ilustrasi siput. Di judul blog juga terdapat kalimat ‘See The World ….’ jadi aku mengkombinasikan ilustrasi siput dengan ilustrasi bola dunia.

Contoh Logo Blog Seeput

Gimana? Sudah ada gambaran mau membuat desain logo blogmu seperti apa? :D

Header

Header image adalah komponen gambar yang ada di paling atas halaman tampilan blog. Header image yang aku rancang berisi identitas basic dari blogku seperti logo dan judul blog. 

Aku menggunakan font style yang banyak lengkungan untuk kata ‘Seeput’ supaya memberi kesan fleksibel, lebih bebas, dan tidak kaku. Sedangkan untuk kalimat ‘See The World from Puputs’s View’ dan alamat blog, aku menggunakan font style yang tegak untuk mengimbangi font di atasnya dan memberikan kesan bahwa blogku yang fleksibel dan bebas tetap mengikuti regulasi kepenulisan blog dan keep on the right track.

Sama seperti di bagian logo, aku menggunakan dominasi warna peach pastel untuk header image.

Header Image Blog

Untuk membuat desain logo dan header image, aku menggunakan aplikasi Canva di smartphone.

Label/Kategori dalam Istilah Blogging

Untuk specific niche, label/kategori ini haruslah yang berkaitan dengan niche blognya. Misal untuk specific niche travel blog, bisa membuat label/kategori seperti Rekomendasi Kuliner, Rekomandasi Tempat Wisata, Rekomendasi Alat Transportasi dan lain-lain.

Sedangkan untuk lifestyle blog, bisa membuat berbagai kategori meskipun setiap kategori itu tidak saling berkaitan. Sebagai contoh, di blog ini mempunyai beberapa kategori seperti:

1. Lifestyle

Di kategori ini, aku akan menulis artikel-artikel tentang pola makan yang sehat, tips menjaga berat badan, tips betah di rumah selama pandemi, tips manajemen waktu, dan lain-lain.

2. Parenting

Di kategori ini, aku akan menulis artikel-artikel tentang ide kegiatan main anak, DIY mainan anak, resume webinar parenting yang aku ikuti, dan lain-lain.

3. Beauty

Di kategori ini, aku akan menulis artikel-artikel tentang skincare routine, cara memilih skincare, review produk kecantikan, dan lain-lain.

Domain

Ada 2 macam domain yang bisa dipilih dalam mengelola blog, yaitu subdomain dan top level domain (TLD).

Contoh subdomain: namablog.blogspot.com, namablog.tumblr.com, namablog.wordpress.com, dan lain-lain.
Contoh TLD: namablog.com, namablog.my.id, namablog.co.id, dan lain-lain.

Domain Authority

Ukuran kekuatan suatu domain dinyatakan oleh Domain Authority (DA) yang menjadi salah satu dari banyak faktor dalam peringkat pada mesin pencari. Situs blog atau website yang memiliki nilai DA tinggi akan lebih mudah menduduki peringkat awal pada mesin pencari.


Sebenarnya, masih ada banyak istilah blogging yang perlu diketahui. Tapi untuk pemula yang baru mau memulai blog, insya Allah istilah blogging di atas sudah bisa membantu untuk mewujudkan blog impiannya. Semoga bermanfaat ^^

Reaksi:
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email