FOLLOW ME
Seeput

Meningkatkan Pageview Blog

Meningkatkan Pageview Blog


Ada banyak manfaat dari meningkatkan pageview blog. Sayangnya, masih banyak blogger yang justru mengabaikan jumlah pageview/traffic blog, fokus pada domain authority tapi lupa mengoptimasi.

Setelah sebelumnya berkenalan dengan istilah blogging dan merancang blog impian, aku akan membahas beberapa tips untuk meningkatkan pageview/traffic di blog kita. Pasti senang kan setelah blog impian terwujud lalu banyak yang mengunjungi blog kita? :)

Tips ini aku dapat dari Webinar Marathon Coaching Growthing minggu lalu. Alright, tanpa berlama-lama, let't check these out!

Memahami Pageview

Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Semakin tinggi jumlah pageview, semakin bagus pula kualitas blog dan kontennya. Pageview ini bisa dilihat di Google Analytics. Sebenarnya, ada banyak tools yang dapat digunakan untuk melihat pageview, termasuk di dashboard yang sudah disediakan platform blog. Tapi, Google Analytics dianggap sebagai tools yang paling valid dan lebih sering diminta oleh client (untuk blogger yang mencari job).

Berikut ini istilah-istilah yang ada di Google Analytics dan sering disebutkan client saat meminta performance blog kita.

User/Visitor: orang yang berkunjung ke blog kita.
UV (Unique Visitor): pengunjung yang kedatangannya ditentukan oleh IP address, browser dan cookies yang tersimpan di setiap browser.
PV (Pageview): tayangan halaman yang muncul di browser setiap kali pengunjung mengklik satu tautan tertentu (satu halaman dibuka).
Bounce Rate: persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti mengklik link lainnya.
Misalnya ada satu pengunjung datang ke blog kita, membaca artikel dan langsung keluar, itu akan meningkatkan bounce rate. Beberapa orang berpendapat, bounce rate yang tinggi itu tidak baik, karena besar kemungkinannya pengunjung tidak tertarik membaca artikel kita yang lain.

1 visitor bisa mendatangkan lebih dari 1 PV jika membuka banyak halaman. Jadi saat ada 1500 PV, belum tentu ada 1500 UV juga.

Manfaat Meningkatkan Pageview Blog

1. PV tinggi harapan semua pejuang adsense

Untuk blogger yang sudah memasang google adsense, tentu harus punya PV yang tinggi jika ingin segera mendapat bayaran dari Google Adsense. Karena meskipun dalam 1 hari ada 1000 oengunjung di blog kita, belum tentu kita akan bisa mendapatkan bayaran 1 bulan dari Google Adsense.

2. Meningkatkan conversion rate

Misalnya kita memasang affiliate link di blog kita agar orang mendaftar/membeli lewat link kita. Semakin tinggi PV, maka akan semakin tinggi pula kemungkinannya orang akan mengklik affiliate link itu.

3. PV tinggi menandakan blog dan konten berkualitas

Kalau PV nya berasal dari hasil pencarian Google, artinya konten kita berkualitas sehingga direkomendasikan di posisi atas pada hasil pencarian Google.

4. Meningkatkan rate card (harga) kita

Saat mempunyai PV yang tinggi, tentu kita akan lebih percaya diri memvaluasi blog kita. Rate cardnya juga tentu berbeda untuk blog dengan PV 5000 per bulan, blog dengan PV 10.000 per bulan, dan blog dengan PV 20.000 per bulan.

5. Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama

Saat ini, banyak agency atau advertiser yang memakai parameter pageview sebagai syarat sebuah blog layak diajak kerjasama.

Mengetahui Sumber Traffic Blog

Organic search: saat konten kita bisa ditemukan orang-orang di Google saat mereka memasukkan keyword tertentu. Kenapa sebuah blog bisa direkomendasikan oleh Google? Karena Google menilai blog tersebut lengkap dan lebih banyak bahasannya daripada blog yang lain.

Direct: saat ada orang yang membuka browser dan langsung memasukkan alamat URL blog kita. Sumber traffic direct yang tinggi biasanya karena blog ini sudah melakukan branding dengan baik sehingga orang terngiang-ngiang dengan namanya atau alamat blognya.

Social: saat kita membagikan link blog kita ke media sosial dan ada orang yang mengkliknya, maka kita mendapat PV dari sumber traffic sosial.

Referral: saat kita memasang link blog kita di dalam tulisan blog lain (backlink) dan ada orang yang mengkliknya, maka kita mendapat PV dari sumber traffic referral. Begitu pula saat ada client yang meminta kita untuk memasukkan link websitenya ke dalam tulisan kita, maka PV yang client dapatkan adalah PV dari sumber traffic referral.

Tips Meningkatkan Pageview Blog

Setelah sejak tadi membahas pengertian pageview, manfaat meningkatkan pageview, dan sumber traffic yang dapat meningkatkan pageview, selanjutnya adalah bagaimana cara meningkatkan pageview?

1. Riset keyword

Jika ingin tulisan kita dibaca banyak orang, tentunya jangan menulis artikel yang tak dicari orang hehe.. Berikut ini beberapa cara menentukan keyword tulisan yang banyak dicari orang:
- Gunakan intuisi atau feeling
- Gunakan Google Keyword Planner
- Gunakan Keywordtool.io + Google Keyword Planner
- Gunakan Keywordfinder.io
- Gunakan Neil Patel
Cara menggunakan tools di atas hampir sama, yaitu dengan memasukkan prediksi keyword, kemudian lihat volume pencariannya. Pilih keyword dengan volume pencarian 100-1000 per bulan.

2. Menulis artikel SEO & human friendly

Setelah mendapatkan keyword yang dirasa tepat, mulailah menulis dengan memperhatikan parameter SEO (search engine optimization).
 
- Pilih bahasa yang paling nyaman.
- Pilih keyword yang tepat.
- Pastikan judul artikel berisi keyword.
- Perhatikan URL, harus berisi keyword juga.
- Jumlah kata diatas 500-600 kata.
- Perhatikan penempatan keyword, harus ada di judul, 100 karakter pertama pada paragraf pertama, sub heading, disebar di badan artikel, dan di paragraf terakhir.
- Jumlah keyword
- Gunakan heading dan subheading, karena artikel yang terstruktur lebih direkomendasikan Google daripada artikel yang berisi paragraf dari atas sampai bawah tanpa heading dan subheading.
- Link internal dan eksternal
Link internal: link yang ditautkan ke blog kita sendiri dengan judul artikel yang berbeda.
Link eksternal: link yang ditautkan ke halaman di luar blog kita.
- Optimasi gambar
Memberikan teks judul dan teks alternatif yang mengandung keyword.
- Meta deskripsi
150 karakter yang mewakili isi artikel kita dan biasanya muncul di hasil pencarian Google. Meta deskripsi ini juga harus mengandung keyword.

3. Link building

Link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kita. Saat link blog kita ada di sebuah artikel, Google akan menilai blog kita lebih terpercaya karena ada yang menulis dengan referensi dari blog kita.

4. Membuat artikel trending atau viral

Membuat artikel yang sedang ramai diperbincangkan orang memang bisa meningkatkan PV blog, tapi biasanya sesuatu yang viral ini tidak bertahan lama. Jadi, kita harus meningkatkan kuantitas tulisan kita selagi topik tersebut masih viral.

5. Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan untuk saling mengunjungi blog antar sesama blogger. Biasanya dalam blogwalking juga para blogger saling meninggalkan dan berbalas komentar. Oleh karena itu, blogwalking bisa meningkatkan PV dan interaksi blog juga.

6. Optimasi page speed

Kecepatan loading blog juga bisa mempengaruhi PV karena jika blognya lambat, pengunjung akan malas menunggu, meninggalkan halaman blog dan tidak berkunjung lagi.

7. Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas

Meski beberapa orang berpendapat untuk tak menilai buku dari sampulnya, tapi tak dapat dipungkiri bahwa kesan pertama yang diberikan oleh sampul buku juga bisa membekas di hati dan mempengaruhi keputusan kita untuk membaca isi bukunya atau tidak.

Begitu pula dengan blog, desain blog yang unik akan meninggalkan jejak di benak pengunjung dan menarik pengunjung untuk berlama-lama di blog kita. Didukung dengan navigasi yang jelas, pengunjung juga bisa dengan mudah mencari tulisan-tulisan di blog kita dengan kategori yang memang mereka cari.

8. Mengulik Google Search Console

Google Search Console digunakan untuk mengetahui performa blog kita di mesin pencari. Dengan tools ini kita juga bisa membandingkan performa periode bulan lalu dan bulan sekarang, serta mengetahui posisi peringkat rata-rata artikel kita di hasil pencarian Google.

9. Mengulik Google Analytics

Ini dia tools gratis dari Google yang sudah disebut sejak awal tulisan, yang berfungsi untuk memantau pergerakan traffic di blog kita. Dengan tools ini kita dapat mengetahui artikel mana yang menyumbang PV terbanyak, sehingga kita bisa menulis artikel yang berkaitan dengan topik tersebut (related post).


Nah, siapa yang sudah semangat mengaplikasikan tips-tips meningkatkan pageview blog di atas? Selain menulis blog untuk menyalurkan hobi, banyak blogger yang juga mendapat keuntungan materi dari menulis di blog. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengoptimasi blog agar bisa memenuhi syarat dan lebih disukai client. Semoga bermanfaat yaa ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email