FOLLOW ME
Seeput

Tips Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah Dengan Skincare

Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah

Salah satu ciri kamu perlu memperbaiki tekstur kulit wajah adalah saat kamu menyentuh kulit wajahmu dan terasa gradakan, beruntusan, tidak halus dengan pori-pori yang jelas terlihat. Pernahkah kamu merasa riasan wajah terlihat tidak merata, seperti tebal di area-area tertentu? Pernahkah kamu merasa riasan wajah sulit diblend dan memakai riasan wajah malah membuat flaw dikulitmu semakin terlihat?

Itulah pertanda kamu harus mulai memperhatikan tekstur kulit wajahmu :) Saat ini banyak jenis foundation atau concealer yang bisa menutupi bekas jerawat, noda flek hitam, dan lain-lain. Tapi tekstur kulit wajah tak bisa ditutupi make up. Penggunaan make up justru bisa memperjelas tekstur kulit wajah sehingga hasil riasannya jadi kurang bagus.

Untukku, memperbaiki tekstur kulit wajah adalah perawatan yang benar-benar menguji kesabaran. Jerawat bisa sembuh beberapa hari dengan obat jerawat. Bekas jerawat bisa memudar 1-2 minggu dengan diolesi salep yang tepat. Komedo bisa luntur dengan eksfoliasi beberapa menit saja. Tapi memperbaiki tekstur kulit wajah itu sungguh much effort.

Untuk kamu yang saat ini tengah berjuang memperbaiki tekstur kulit wajah, semangat ya! Aku pernah ada di fase itu. I feel you :) Jadi aku mau share some tips yang dulu aku lakukan saat berjuang memperbaiki tekstur kulit wajah.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengoptimalkan Skincare

Sebelum membahas langkah-langkah memperbaiki tekstur kulit wajah dengan skincare, aku mau mengingatkan lebih dulu, bahwa kecantikan dari dalam itu memang nyata adanya :) I mean, sistem pencernaan kamu juga harus prima supaya efek skincare ini lebih optimal.

Memang ada keterkaitannya ya antara sistem pencernaan dan skincare? Hahaha..

Ada. Super relate. Saat kamu kurang minum, skip makan sayur dan buah tapi setiap hari makannya goreng-gorengan, tepung-tepungan, kulit wajahmu bisa jadi sangat kering atau sangat berminyak.

Oleh karena itu, selain merawat diri dengan skincare, yuk mulai perhatikan juga asupan makanan untuk pencernaanmu :)

Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah dengan Skincare

Sejatinya tujuan menggunakan skincare adalah untuk menjaga kulit tetap prima, sehingga kulit wajah bisa jadi kanvas yang lebih baik saat dipakaikan make up. Jadi, penggunaan skincare bukan untuk membuat kulit sawo matang menjadi putih layaknya artis-artis korea ya hehehe.

Ada skincare yang berfungsi untuk mencerahkan (brightening), tapi bukan memutihkan (whitening). Beberapa bulan lalu aku sempat buat tulisan tentang daily skincare routine. Kali ini, aku akan fokus pada bahasan untuk memperbaiki tekstur kulit wajah dengan skincare.

1. Cleansing

Step yang paling basic, paling pertama adalah cleansing. Aku cukup yakin saat ini banyak orang at least sudah pakai sabun cuci muka. Meski terlihat sepele, tapi step cleansing ini tak semestinya disepelekan.

Kamu bayangkan deh, kalau kamu pakai berbagai skincare tapi di pori-pori kulit itu masih ada kotoran yang menyumbat, gimana skincarenya bisa meresap ke dalam kulit? Skincare yang mahal pun akan sia-sia dan lewat begitu saja kalau pori-porinya masih tersumbat dengan kotoran.

That's why cleansing itu penting. Apakah cukup cleansing dengan sabun cuci muka saja?

Emm, ini mungkin akan berbeda di tiap orang ya. Kulitku adalah tipe kulit yang tidak bisa pakai terlalu banyak produk. Jadi kalau seharian itu aku stay di rumah, sabun cuci muka saja sudah cukup.

Tapi kalau aku ada agenda di luar ruangan, kena debu jalanan, terpapar asap kendaraan, atau pakai full-coverage make up, tentu tak cukup pakai sabun cuci muka saja. Jadi, di saat-saat seperti itu aku membersihkan wajah pakai micellar water terlebih dulu, baru kemudian pakai sabun cuci muka.

Cleansing ini juga penting karena kotoran yang menyumbat di pori-pori itu akan membuat pori-pori kulit kita lebih besar sehingga kulit wajah terasa kasar (tidak rata) saat disentuh. Kotoran yang menyumbat pori-pori juga bisa menjadi komedo dan jerawat yang tentu saja makin merusak tekstur kulit wajah.

Mulai sekarang, pastikan step cleansing yang kamu lakukan sudah optimal yaa :)

2. Eksfoliasi

Seminggu 2 kali, luangkan waktu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan exfoliator. Kenapa sel kulit mati perlu diangkat? Supaya skincare yang dipakai bisa menyerap ke lapisan kulit dalam dan kulitnya cepat beregenerasi.

Yang aku tahu, ada 2 jenis exfoliator, yaitu yang berbentuk chemical exfoliator dan yang berbentuk face scrub. Aku belum berani pakai chemical exfoliator, jadi biasanya aku pakai face scrub saja :D

3. Toner

Banyak beauty vlogger dan beauty enthusiast yang bilang toner adalah gerbang sebelum pemakaian skincare yang bekerja di lapisan lebih dalam. Toner membantu menyiapkan kulit wajah untuk siap menyerap skincare yang akan dipakai setelahnya.

4. Serum

Inilah skincare yang bekerja di lapisan kulit dalam, yang secara aktif memperbaiki kulit kita. Kalau masalah kulit kita adalah kekusaman, pilih serum yang berfungsi untuk mencerahkan. Kalau masalah kulitnya adalah tekstur yang tidak rata, pilih serum yang bisa memperbaiki itu.

Kali ini aku mau membahas serum yang secara ajaib bisa memperbaiki tekstur kulit. Aku udah pakai serum ini selama 9 bulan, jadi aku udah merasakan efeknya yang membuat aku jatuh hati bangeeeet sama serum ini :D

To be honest, aku sudah mencoba banyak skincare untuk memperbaiki tekstur kulit wajah ini. Banyak produk yang klaimnya menggiurkan, tapi kenyataannya biasa-biasa saja. Nah, serum yang mau aku bahas ini klaimnya tak terlalu menggiurkan, tapi justru bekerja beyond expectation di kulitku.

Aku pakai serum ini setiap hari, hanya di malam hari, karena memang formula serumnya tidak bisa terkena UV. Yang aku rasakan saat bangun pagi keeseokan harinya adalah kulitku super kenyal, lembab, dan lembut.

Serum ini memperbaiki tekstur kulit wajah secara perlahan, tak memberikan hasil yang instan. Sejujurnya aku malah takut sih kalau pakai produk-produk yang hasilnya instan hehehe..

So, this is it. Serum ajaib kecintaanku. Jeng jeng jeng..


Somebymi Snail Truecica Serum

SOMEBYMI Snail Truecica Miracle Repair Serum. Sesuai dengan namanya, serum ini memang berhasil memperbaiki tekstur kulitku secara ajaib. Snail Truecica adalah formula khusus yang dibuat oleh SOMEBYMI, terdiri dari 890.000 ppm black snail extract dan truecica.

Saat berhibernasi, black snail bisa bertahan hidup sampai 6 bulan hanya dengan makanan yang tersimpan dalam tubuhnya. Daya hidup yang kuat dari black snail ini diadaptasi oleh SOMEBYMI untuk memperkuat skin barrier.

Kemasan

Serum ini dikemas dalam botol plastik berwarna merah transparan berukuran 50ml, dengan aplikator pump, dibungkus dus merah metalic dengan seal hologram yang menandakan keaslian produk.

Ingredients

Water, Butylene Glycol, Niacinamide, 1,2-Hexanediol, Snail Secretion Filtrate, C12-14 Pareth-12, C12-14 Pareth-7, Carbomer, Tromethamine, Dioscorea Japonica Root Extract, Trehalose, Ethylhexylglycerin, Beta-Glucan, Hydrolyzed Corn Starch, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Allantoin, Adenosine, Disodium EDTA, Sucrose, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Agrimonia Eupatoria Extract, Salvia Officinalis (Sage) Oil, Centella Asiatica Extract, Salvia Officinalis (Sage) Leaf Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Chamaecyparis Obtusa Leaf Extract, Silybum Marianum Seed Extract, Perilla Frutescens Leaf Extract, Sodium Chondroitin Sulfate, Broussonetia kazinoki Root Extract, Propolis Extract, Artemisia Capillaris Extract, Cimicifuga Dahurica Root Extract, Salix Alba (Willow) Bark Extract, Pentylene Glycol, Madecassoside, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Flower Extract, Asiaticoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Phenoxyethanol.

Serum ini juga diperkaya dengan kandungan bahan alami lain, yaitu:
- Ekstrak sage, berfungsi untuk membantu menenangkan kulit yang sensitif.
- Ekstrak kulit pohon willow putih, berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati agar bahan aktif Snail Truecica dapat menyerap dengan baik.
- Allantoin, berfungsi untuk meregenarasi kulit yang bermasalah

Tekstur, Warna dan Aroma

Tekstur serum ini cair dengan konsistensi yang sedikit kental (persis seperti lendir), tidak berwarna, dan beraroma seperti wangi citrus dan rempah. Begitu diaplikasikan ke wajah, serum ini sangat cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Good point!

Cara Pemakaian

Tuangkan serum ke telapak tangan, biasanya aku pakai 2x pump untuk wajah dan leher. Ratakan ke seluruh bagian wajah dan leher sambil ditepuk-tepuk pelan hingga serumnya meresap.

Aku sudah repurchase serum ini berkali-kali karena aku suka banget dengan teksturnya, aromanya, dan tentu efeknya di kulitku. Produk ini bisa kamu dapatkan di SOMEBYMI Official Store dengan harga Rp 349.000an. Tapiiiii banyak promo juga loh kalau belanja di Official Storenya, apalagi meyambut tanggal 11.11 :D

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu yang sedang berusaha memperbaiki tekstur kulit wajah ya. Semangat mengaplikasikannya! See you on next beauty post ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

27 comments

  1. hemm aromanya ku suka, wajahku suka ada bruntusan kecil-kecil di kening.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss coba pake somebymi ini mbak, cocok untuk semua tipe kulit 😍

      Delete
  2. apa mengandung lendir bekicot hitam juga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengandung ekstraknya mbak. jadi proses pembuatannya ngga sampai menyakiti black snailnya 😁

      Delete
  3. Replies
    1. wkwkwk pertanda bakal langsung masukin keranjang belanjaan nih 😍

      Delete
  4. Wah samaan, aku pake ini juga kakak. Manjurrr

    ReplyDelete
  5. Wah, jadi pingin nyoba ini. Biar selalu awet muda. ☺️

    ReplyDelete
  6. Ini emang keren banget sih, aku beli gara gara viral, ternyata emng bagus 😍

    ReplyDelete
  7. Wah aku pakai some by me juga Mba, tapi yang hijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang hijau untuk acne prones ya mbak? semangaaat, semoga hasilnya baik 😘

      Delete
  8. Aku ingin faham dunia make up kyak gini. Tapi ih kok rasanya ribet ya wkwk.
    Aku belum rasain skinceran😭 ngerasa cukup aja disekitar pencunci dan pelembab.
    Banyak istilah yang gak kutahu sumpah ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ngga jago make up mbak, cuma suka skincare-an aja hihi. kalau sehari-hari makeup nya cuma bedak marcks dan lip tint wkwk

      Delete
  9. mendadak pingin perawatan wajah, selama ini males banget kalau rempong ngurus anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. skincare-an bisa jadi salah satu me time loh mbak 😁

      Delete
  10. Aku pengen nyoba nih' tp sensi banget kulitku' jd agak2 takut

    ReplyDelete
  11. sempet pake skin care tapi karena ga disiplin pakainya jadilah hasilnya ga optimal hehe klo kecapean malam-malam ketiduran tanpa ritual skin care

    ReplyDelete
  12. dari dulu aku pengen banget nyobain ini dong, tapi nggak keturutan terus >< habis baca ini jadi semakin mupeng ><

    ReplyDelete
  13. Wah, bahaya nih kalau udah buka review skincare, gampang tergoda soalnya :D

    ReplyDelete
  14. Serum ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit kah?

    ReplyDelete
  15. Dan apalah bapak- bapak mah ga paham skincare :)

    ReplyDelete
  16. Lengkap banget langkah skincarenya. Jadi ingin mulai lagi.. Terimakasih rekomendasi nya

    ReplyDelete
  17. jadi pengen skincare biar ganteng kayak opa-opa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok ngakak aku baca komen yang ini... wkkwkw. Sudahlah istrimu terima apa adanya kok. Tapi kalau dibeliin Somebymi aku nggak nolak lo pak :D :D

      Delete

Post a Comment

Follow by Email