FOLLOW ME
Seeput

Rekomendasi Produk untuk Perawatan Rambut Rontok dari Rumah

Perawatan Rambut Rontok

Kisah rambut rontok sepertinya sudah membuntuti aku sejak pertama kali memakai hijab belasan tahun lalu. Tapi di usia yang masih belasan itu, dan dengan omongan-omongan orang 'Kalau pakai kerudung wajar aja rambutnya rontok, karena rambutnya kepanasan (katanya)', ditambah lagi memang belum banyak produk perawatan rambut rontok bagi pengguna hijab, jadilah aku biarkan rambut rontoknya begitu saja.

Aku menjalani belasan tahun terbiasa dengan rambut yang rontok tanpa terlalu mempermasalahkannya. Bukan tanpa usaha, aku sudah mencoba berbagai produk shampoo untuk rambut rontok, untuk perempuan berhijab, perawatan rambut berbahan ginseng dan lain-lain tanpa ada hasil yang sesuai harapan.

Akhirnya aku memilih untuk tidak terlalu peduli dengan rambut rontokku. Tapi permasalahan yang tak pernah diduga justru datang setelah aku melahirkan. Rambutku jatuh bahkan jika tak disentuh.

Lebih parah saat rambutku disisir atau selesai keramas, aku bergidik sendiri melihat jumlah rambut yang lepas dari kulit kepala. Terkadang aku khawatir apa ada bagian dari kepalaku yang sudah tidak berambut.

Lagi-lagi aku terlampau percaya yang orang katakan. Katanya, kerontokan rambut bagi ibu yang baru melahirkan dan ibu menyusui adalah wajar. Maka aku menunggu dengan sabar sampai masa mengasihi bayiku selesai.

Selama masa itu, aku tak pernah lagi mengikat rambutku. Karena ada banyak sumber yang menyebutkan bahwa tarikan ikat rambut yang kencang bisa menyebabkan kerontokan, jadi aku hanya menjepit rambutku.

Namun, kesabaranku tak berbalas. Sampai masa mengasihi berlalu, rambutku tak kunjung membaik. Aku merasa ini bukan lagi hal yang wajar, apalagi aku jadi takut menyisir rambutku sendiri karena tak mau melihat rambut yang berjatuhan :(

Ikhtiarku kemudian berlanjut ke pencarian Google. Kenapa sih rambutnya rontok parah banget? Gara-gara apa sih? Terus ini harus gimana?

Dari hasil pencarian itu, aku tahu beberapa hal baru. Dan aku menemukan beberapa produk yang alhamdulillah sampai saat ini cocok di rambutku. Keep reading ya!

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum memilih solusi, as always, perlu dicari tahu dulu penyebab kerontokan rambut itu. Ternyata ada 2 jenis kerontokan rambut, yaitu Hair Fall dan Hair Loss.

Hair Fall

Dikutip dari Kumparan Womanhair fall adalah kondisi di mana helai rambut lepas saat keramas, ketika disisir atau dikeringkan dengan handuk. Penyebabnya adalah gangguan internal dan eksternal seperti stress, perubahan hormon, diet yang tidak sehat, udara panas, dan kebiasaan menggunakan alat penata rambut.

Hair Loss

Berbeda dengan hair fall, hair loss adalah suatu kondisi ketika banyak helai rambut ditemukan di bantal saat bangun tidur, atau jatuh begitu saja tanpa disentuh atau disisir. Bisa dibilang hair loss adalah kondisi yang lebih parah dari hair fall.

Nah, dari penjelasan singkat ini, adakah salah satunya yang kamu alami?

Perawatan Rambut Rontok dari Rumah

Setelah mengetahui yang aku alami adalah hair loss, aku pun mengetahui bahwa selama ini aku pakai shampoo yang tidak tepat, hehehe.. Jadi selama ini aku pakai shampoo untuk rambut rontok sih, tapi ternyata ada tulisan bertanda bintang kecil di bagian paling bawah kemasannya *Rambut rontok karena patah.

Ternyata memang kebanyakan shampoo itu untuk hair fall treatment. Aku pribadi merasa cukup sulit mencari shampoo untuk hair loss.

Akhirnya setelah lama berkelana, aku bertemu produk perawatan rambut yang masih cocok dan masih aku pakai sampai sekarang :)

Garnier Neril Hair Treatment Shampoo Loss Guard

Garnier Neril

Shampoo ini berfokus untuk mengatasi kerontokan rambut dari kulit kepala dengan memberikan nutrisi yang diperlukan kulit kepala. Tersedia dalam ukuran 100 ml dan 200 ml, ternyata sebenarnya produk ini selalu bertengger di rak yang sama dengan shampoo-shampoo lain, tapi entah kenapa sebelumnya tak terlihat, hahaha..

Kemasannya tak seperti shampoo pada umumnya, karena mulut botolnya itu besar sehingga shampoo yang dituangkan ke tangan langsung banyak. Aromanya juga tak seperti shampoo lainnya, karena menurutku wanginya seperti obat.

Bagi sebagian orang, aromanya tak menjadi masalah. Tapi bagiku, aromanya cukup mengganggu. Aku hanya menahan diri untuk bersabar karena shampoo nya bekerja dengan baik mengatasi kerontokan rambutku :D

Aku pakai shampoo ini setiap keramas, 3 kali seminggu. Salah satu yang lebih aku perhatikan juga adalah cara menggunakan shampoo. Dulu biasanya aku pakai shampoo dari pangkal sampai ujung batang rambut. Ternyata yang harus dinutrisi itu kulit kepalanya, jadi bukan perkara penting untuk meratakan shampoo sampai ke ujung rambut.

Dove Serum Conditioner

Conditioner

Jika penggunaan shampoo harus di kulit kepala, penggunaan conditioner justru tidak boleh mengenai kulit kepala, melainkan cukup diusap dari tengah sampai ujung rambut saja.

Awalnya aku pakai serangkaian perawatan rambut dari Garnier Neril, tapi lama-kelamaan aku merindukan aroma floral dari rambutku, hahaha.. Akhirnya aku memberanikan diri mencoba Dove Serum Conditioner.

Kenapa aku bilang memberanikan diri? Karena Dove Serum Conditioner ini adalah rangkaian dari Dove Total Hair Fall Treatment. Tak dipungkiri, ada keraguan dan ketakutan saat pertama kali akan mencobanya.

Ternyata tidak ada efek negatif dari pemakaian produk itu ke rambutku. Mungkin karena pemakaian conditioner yang hanya dari tengah sampai ujung rambut saja (?). Seperti conditioner pada umumnya, produk ini membuat rambutku lembut dan tentunya lebih harum dari sekadar pakai shampoo saja :D

Makarizo Advisor Hair & Scalp Tonic

Hair Tonic

Saat bicara perawatan rambut, tak lengkap rasanya jika tak menyertakan hair tonic. Dan ini dia hair tonic pilihanku :)

Aku menemukan hair tonic ini dari sebuah ulasan di situs kecantikan. Banyak orang yang puas dengan kinerja produk ini sehingga aku pun penasaran dan memutuskan untuk mencobanya.

Tidak seperti hair tonic kebanyakan, hair tonic dari Makarizo ini mempunyai aplikator dalam bentuk spray. Aku lebih nyaman menggunakan aplikator spray ini karena produknya jadi tidak mudah tumpah.

Aku suka sekaliiiiii dengan aromanya. Setelah menyemprotkan hair tonic ini, aromanya membuatku merasa seperti sudah treatment di salon, hahaha.. Wanginya juga tahan lama dan ada sensasi dingin yang membuat segar kulit kepala.

Aku pakai ini setelah keramas, dalam keadaan rambut setengah basah. Caranya cukup disemprotkan ke kulit kepala lalu dipijat pelan-pelan. Selain sebagai perawatan untuk rambut rontok, hair tonic ini juga mengatasi masalah ketombe (it works on my husband).


Itu diaaaa produk perawatan rambut rontok ala aku :D Di masa pandemi seperti ini, melakukan perawatan rambut juga sangat mungkin dilakukan di rumah.

Buat kamu yang lagi berjuang mengatasi rambut rontok, semoga produk-produk perawatan rambut rontok di atas bisa menjadi referensi yaa. See you on my next-beauty post! ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

7 comments

  1. Saya pernah nyoba Dove, lumayan cocok dan nyaman ke rambut

    ReplyDelete
  2. Ya ampun aku kira mbak puput ini masih single lillah, ternyata udah punya baby ya wkwk, imut banget sih.

    Btw, aku pas lajang dulu rajin jemur kepala, jadi di kosan ada bagian ruang terbuka, kalau pagi aku jemur karena rambutku panjang. Alhasil rambutku benas ketombe dan sehat nggak rontok2.

    Kayaknya aku butuh hair tonicnya deh mbak, ntar aku cari deh di marketplace. Makasih ya sharingnya.

    ReplyDelete
  3. Aku butuh semuaa, wkwkwk. Udah coba beragam perawatan rambut, masih rontok juga. Sampai dititik, yaudahlah males, hehehe. Akhir-akhir ini, kepikiran lagi, pas banget baca artikel ini. Kayaknya mau coba Garnier Nerilnya deh. Tengkyu mbak mput :)

    ReplyDelete
  4. yups, aqu suka hairtonic macarizo, ini yg sering dipajai di salon2 perawatan dgn creambath

    ReplyDelete
  5. Terima kasih rekomendasinya, Kak. Patut dicoba nih. Baru tahu juga dengan istilah hair loss. Makanya perlu baca tulisan di kemasan sampai bintang-bintangnya juga ya.

    ReplyDelete
  6. Ulalaaaaa, rambut rontok adalah masalah sejuta ummat 😭😭 aku malah mengalami kedua jenis kerontokan. Hair loss dan hair fall. Huhu. Semoga rekomendasi dari kak Puput juga bekerja di kulit kepalaku yak! Gumawooo!

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email