FOLLOW ME
Seeput

Tutorial Membuat Karakter Muslimah di HP dengan Aplikasi Canva

Tutorial Membuat Karakter Muslimah

Beberapa bulan ke belakang, aku cukup banyak mencari kesana-sini video tutorial membuat karakter muslimah di YouTube. Kayanya lucu gitu kalau aku punya karakter khusus yang hanya mendefinisikan diriku, hehehe..

Jadi, bisa dibilang salah satu alasanku ingin membuat karakter muslimah itu ya untuk branding. Sekarang ini cukup banyak yaa orang yang membuat karakternya sendiri hingga menjadi ciri khasnya.

Kalau di Instagram, contoh akun yang khas dengan karakternya adalah @qurandansenja. Di setiap postingannya, selalu ada karakter Heli yang dilengkapi dengan berbagai quotes atau kutipan hadits.

Mulailah aku kepo bagaimana cara membuat karakter seperti itu. Ternyata ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, di antaranya Pixellab, Medibang Paint, dan Autodesk Sketchbook.

Dengan semangat membara, aku mencoba install Medibang Paint dan mulai menggambar. Tapiiiiii jariku rasanya terlalu besar dan sangat kaku untuk menggambar di layar HP, hahaha..

Akhirnya aku mencoba cara lain untuk menggambar karakter muslimah tanpa harus menggambar sendiri. Dan ternyata aplikasinya adalah aplikasi yang sudah familiar bagiku yaitu.. CANVA :D

Tutorial Membuat Karakter Muslimah

Karakter Muslimah

Menurutku, membuat karakter muslimah ini adalah solusi bagi orang-orang yang tak lihai menggambar sepertiku. Karena di Canva ini aku hanya mengkombinasikan shape dan elemen-elemen lain yang sudah tersedia di Canva.

Pertama, aku memilih canvas dengan ukuran Instagram Post dan menambahkan beberapa shape yang aku perlukan untuk membentuk hijab. Hijab yang akan aku buat ini adalah gabungan dari shape lingkaran dan segilima yang dirotasi 180 derajat.

Untuk bentuk wajahnya, aku juga masih menggunakan elemen shape dari Canva. Setelah mengganti warna hijab dan warna kulit wajah sesuai dengan yang aku inginkan, aku menambah shape lagi untuk dibuat gamis. Luar biasa yaa shape ini, hehehe..

Gamisnya dibuat dari shape trapesium terbalik yang rounded di setiap sisinya. Kemudian untuk tangan dan telapan tangannya, dibuat dari shape lingkaran lagi. Setelah itu, tinggal menambahkan mata, blush on dan sepatu :)
Step Membuat Karakter Muslimah

Ini gambar karakter muslimah yang pertama kali aku buat. Terlihat masih kaku di berbagai sisi yaa :D

Setelah berhasil membuat yang pertama kali, aku banyak memodifikasi untuk menghasilkan style muslimah yang lain. Kamu bisa lihat tutorial membuat karakter muslimah berbagai style di video ini.


Insyaa Allah karakter muslimah yang akan menjadi identitasku adalah karakter dengan hijab pink bergelombang, gamis model umbrella, sepatu round toe dan pipi merona, hahaha..

Setelah nonton video tutorialnya, giliran kamu untuk praktik membuat karakter muslimahmu :)

Pengembangan dari Karakter Muslimah

Ilustrasi dengan Karakter Muslimah

Selain untuk personal branding, karakter yang khas juga bisa digunakan untuk branding online shop atau komunitas loh! Nah, karakter muslimah yang aku buat di atas juga akan dikembangkan menjadi sticker WhatsApp :D

Untuk membuat sticker WhatsApp, aku perlu aplikasi pendukung lain selain Canva, yaitu Remove.Bg dan aplikasi Personal Sticker for WhatsApp. Actually Remove.Bg ini bukan aplikasi sih, tapi sebuah situs yang bisa langsung di-search di browser.

Remove.Bg ini berfungsi untuk menghapus backgroud putih dari gambar karakter muslimah yang sudah aku buat sebelumnya. Kalau kamu pakai Canva Pro, kabarnya kamu bisa langsung menghapus background di Canva ya.

Tapi berhubung aku masih pakai Canva yang free, jadi ya untuk menghapus backgroundnya pakai bantuan pihak ketiga saja :D

Kalau aplikasi Personal Sticker for WhatsApp, itu bisa kamu download di Play Store, fungsinya untuk mengkonversi gambar yang sudah kita buat menjadi sebuah sticker. Supaya lebih jelas, kamu bisa cek video tutorialnya ini.


Jadi kalau ingin dibuat sticker, ekspresi karakter muslimahnya ini perlu dibuat lebih beragam dan ditambah tulisan seperti Assalamualaikum, Terimakasih, Oke, dan lain-lain.

Selain dibuat Sticker WhatsApp, karakter muslimah juga bisa ditambahkan ke sebuah gambar ilustrasi lalu dilengkapi dengan quotes, kutipan hadits, atau konten lainnya. Tutorialnya bisa kamu cek di video ini.


Di era yang segalanya serba digital ini, visual media sosial menjadi salah satu hal yang mesti diperhatikan untuk meningkatkan personal branding. Nah, semoga tutorial membuat karakter muslimah ini bermanfaat yaa! Semangat mempraktikkan ^^
Puput Maulani Mariam
Seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri Reza dan ibu Khalil, dengan entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya :)

Related Posts

5 comments

  1. Masya Allah, pas banget ya aku lagi butuh banget tutorial ini lho mba put, keren deh, makasih sudah berbagi. Aku langsung praktek lho hihi

    ReplyDelete
  2. Cute semua hasilnya mba, jdi tau selama ini byk beredar stiker2 kyak gitu hasil dari mba puput toh ternyata...
    Keep inspiring ya mba

    ReplyDelete
  3. Karakternya unyu banget mba. Kayaknya untuk buat karakter gitu harus sabar ya mba. Aku pernah nyoba bikin tapi belum berhasil

    ReplyDelete
  4. Keren banget karakternya mbaaa lucuc2 aku pernah nonton tutorialnya juga tapi ko nganu ya sulit wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email