FOLLOW ME

Introducing Seeput and Puput

Banner Introducing Seeput and Puput


Hai, aku Puput Maulani Mariam, perempuan di balik blog Seeput. Engineer Teknik Telekomunikasi yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga, gemar menabung doa, menabung tulisan, menabung cinta suami, dan tentu menabung uang :)

Blog impianku adalah halaman blog dengan template yang memberi wadah cukup besar untuk header image, memberi ruang untuk menampilkan fotoku di bagian About Me, berlatar putih, tulisan tegak dan ramping dengan warna hitam, dan sentuhan warna peach pastel di logo serta headernya.

Dari impian inilah aku mulai membuat Seeput.

Apa yang akan dibicarakan Puput dan Seeput?

Dari hasil perenungan yang mendalam, aku memilih lifestyle niche, dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

Aku suka menulis dengan berbagai tema

Beberapa tahun lalu, aku mungkin hanya bersenandika di blog. Menumpahkan isi hati sehari-hari, menceritakan objek yang itu-itu lagi. Di usiaku kini, dengan semakin banyak peran yang aku ambil, semakin banyak juga yang bisa aku ceritakan. Terlebih sejak beberapa kali mengikuti kelas menulis, aku jadi terbiasa menantang panca ideraku untuk lebih peka terhadap fenomena yang terjadi di sekitar. Menurutku, menulis berbagai tema akan membantuku meregangkan otot-otot menulis, memaksaku belajar lebih banyak hal, dan menuntut inderaku agar lebih peka.

Aku ingin menjaring lebih banyak pembaca

Beberapa tahun lalu, aku menulis karena ingin dikenal dunia. Aku menulis karena ingin punya pembaca setia. Tapi kini aku ingin menulis untuk membuka selebar-lebarnya jalan kebaikan. Aku ingin menulis untuk menebar seluas-luasnya manfaat. Menurutku, beragamnya tema yang aku tulis adalah salah satu cara untuk menggapai lebih banyak orang dengan kebutuhan atau ketertarikan yang berbeda. Dengan begitu, lebih banyak orang dari berbagai kalangan yang terbantu melalui tulisan-tulisan di blogku.

Aku tak ingin membatasi ide cerita

Aku sangat menghargai sebuah ide cerita, dan aku sangat menikmati saat-saat merangkai setiap paragraf dalam mengembangkan ide cerita tersebut. Jadi, aku tak ingin mengesampingkan ide cerita apapun. Banyak hal di dunia ini yang mengundang perdebatan karena perbedaan cara pandang dari sisi sini dan sana. Maka aku percaya, ide cerita apapun bisa jadi sebuah kebaikan jika dikembangkan dengan sudut pandang yang tepat.

Aku ingin membuka kesempatan kerjasama yang lebih luas

Meski keuntungan materi bukan menjadi tujuan utama, aku tak memungkiri ada keinginan untuk bekerja sama dengan pihak atau merk dagang selama tak menyelisihi idealisme yang aku pegang. Menurutku, keberagaman tulisan yang menjadi ciri khas di lifestyle niche ini akan membuka lebih banyak peluang untuk bekerja sama dengan berbagai pihak.

Kenapa Puput memberi nama Seeput?

Bisa dibilang kata ‘Seeput’ ini merupakan singkatan dari sebuah kalimat yang mengandung kata ‘see’ dan kata ‘Puput’. Maka kalimat yang melengkapi setelahnya adalah See The World from Puput’s View. Aku memilih nama ini karena nantinya tulisan-tulisan di blogku akan menceritakan berbagai hal dalam kehidupan dari sudut pandangku.

Untuk memperkuat personal branding nama Seeput dan lifestyle niche yang aku pilih, aku membuat tagline yang berbunyi: Journaling Many Things The Way I See. Journaling Many Things menegaskan bahwa blogku adalah lifestyle blog yang akan berisi tulisan dengan berbagai tema. Aku juga mencoba konsisten dengan menggunakan kata ‘see’ sebagai identitas blogku. Dan tentu saja, semua tema itu akan dituliskan dengan caraku melihatnya.

150 Karakter yang Mendeskripsikan Seeput

Meskipun aku mengusung lifestyle niche, ada beberapa topik yang akan mendominasi genre tulisan di blogku. Jadi, jika harus mendeskripsikan blogku dalam ratusan karakter, aku pikir kalimat yang tepat adalah Personal Blog of Puput Maulani Mariam that journaling about many things such as lifestyle, parenting, beauty and anything else.

Filosofi Gambar yang Mewakili Seeput

Logo dan Header Seeput

Kata Seeput dalam judul blogku mempunyai bunyi/cara pengucapan yang sama dengan nama hewan bercangkang golongan moluska Gastropoda yaitu ‘siput’. Terinspirasi oleh hal tersebut, aku membuat logo dengan menggunakan ilustrasi siput. Di judul blog juga terdapat kalimat ‘See The World ….’ jadi aku mengkombinasikan ilustrasi siput dengan ilustrasi bola dunia.

Header image yang aku rancang berisi identitas basic dari blogku seperti logo, judul blog dan alamat blog. Aku menggunakan font style yang banyak lengkungan untuk kata ‘Seeput’ supaya memberi kesan fleksibel, lebih bebas, dan tidak kaku. Sedangkan untuk kalimat ‘See The World from Puputs’s View’ dan alamat blog, aku menggunakan font style yang tegak untuk mengimbangi font di atasnya dan memberikan kesan bahwa blogku yang fleksibel dan bebas tetap mengikuti regulasi kepenulisan blog dan keep on the right track. Sama seperti di bagian logo, aku menggunakan dominasi warna peach pastel untuk header image.

Kelompok Bahasan pada Seeput

Lifestyle

Di kategori ini, aku akan menulis artikel-artikel tentang pola makan yang sehat, tips menjaga berat badan, tips betah di rumah selama pandemi, tips manajemen waktu, dan lain-lain.

Parenting

Di kategori ini, aku akan menulis artikel-artikel tentang ide kegiatan main anak, DIY mainan anak, resume webinar parenting yang aku ikuti, dan lain-lain.

Beauty

Di kategori ini, aku akan menulis artikel-artikel tentang skincare routine, cara memilih skincare, review produk kecantikan, dan lain-lain.

Pencapaian Puput selagi membuat Seeput

Pendidikan Non Formal Pengembangan Diri

1. Pembelajar di sekolah online Bengkel Diri level 1 dan level 2
2. Pembelajar di sekolah online Institut Ibu Profesional kelas Bunda Sayang

Komunitas

1. Manager Content Creator di komunitas Growing Umma
2. Anggota komunitas parenting Fun With Mommy, Mommy Squad, LINCAH
3. Anggota komunitas blogger Bengkel Diri, Blogger Perempuan, Indonesian Hijab Blogger, Kumpulan Emak Blogger 

Pengalaman Menulis

1. Penulis buku antologi puisi Pecandu Aksara
2. Penulis buku antologi Tabungan Doa
3. Penulis buku antologi Parentouch
4. Penulis buku antologi 1000+ Alasan Tetap Menulis Setiap Hari
5. Penulis buku antologi Menabung Sabar dan Ikhlas
6. Penulis buku antologi The Journey Journal: Catatan Perjalanan Ibu Penjelajah
7. Penulis buku antologi Menabung Cinta Untuk Orangtua

Impian Puput untuk Seeput

Aku ingin menggunakan domain dot com (.com) dengan alamat blog www.seeput.com. Tapi karena  domain tersebut sudah tidak tersedia, aku sedikit memodifikasi alamat blognya menjadi www.seesiput.com. Tak sulit untuk diingat kan? :D

Akhirnya kita sampai di penghujung introducing Seeput dan Puput. Terimakasih atas segala bentuk dukungan dan apresiasi untuk Seeput. Enjoy my blog ^^

26 comments

  1. Ini nih salah satu blog yang nempel lengket di otakku. Memang mudah diingat. Kreatif, Kak! Aku suka dengan templatenya. Ramah banget di mata 😍 tulisannya juga ngalir. Kutunggu postingan-postingan berikutnya 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiiik, aku juga menunggu tulisan-tulisan serba guna dari jurnal tepung terigu mbak 😘

      Delete
  2. Enjoy banget di blog ini. Semangat put ngeblog nya.. Nugasnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat juga wiiiin, berproses bareng-bareng from zero to hero :')

      Delete
  3. ya Allah templatenya suka banget, manis dan unyu btw aku juga ikut di grup fun with mommy tapi masih suka silent reader. Ini pake template apa mbak, jadi pingin rombak. heu heu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mbak di grey berapa ? kalau aku di grey 2 hehe. aku pakai template SOHO bawaan dari blogspot nya mbak, cuma aku ganti2 aja warna dan header nya hihi

      Delete
  4. Kreatif ihh judul blognya, kusuka.
    Btw, ini mah introducingnya paket lengkap. Dengan gaya bahasanya mba yang ngalir dan enak juga pas dibaca jadi bikin betah lama-lama di blog ini :)
    Semangat terus mba ngeblognya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Pida juga tetap semangat yaaa berprosesnya 🤗💛

      Delete
  5. Pastel kalem warna Templetenya cantik terlebih isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masya allah tabarakallah, terimakasih sudah mampir mbak 🤗

      Delete
  6. Salah satu blog yang namanya menarik mba, bisa kepikiran gitu. Ditunggu tulisan-tulisan yang menginspirasi ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mbak, aku pun pengen bisa menginspirasi dan menebar manfaat untuk banyak orang lewat tulisan tulisanku :') mohon doanya yaa 💛

      Delete
  7. Suka banget. Template, logo, dan headernya klop 😍

    ReplyDelete
  8. Hai partner, kalo baca tulisan sesiput ini rasanya ngalir enak di baca

    ReplyDelete
  9. Suka dengan pilihan template dan warnanya sangat eye catching mba😀. Tulisan-tulisan mba puput dalam pemilihan kata-katanya selalu enak di baca😊

    ReplyDelete
  10. Suka. Jadi favoridku ini. Logo, pilihan warna, dan tulisannya keren banget

    ReplyDelete
  11. Sukak semuanya! Template, warna, dan kontennya selalu menginspirasi.

    ReplyDelete
  12. Keren logo dan filosofinya Mba, simple tapi ngena. Suka juga dengan templatenya, sukses selalu Mba

    ReplyDelete
  13. Selain cantik orangnya, blognya juga cantiik sekaliii... Aku jadi gak penasaran lagi arti seesiput blug ini mbaak..ehehee

    ReplyDelete
  14. Seepuuut, kiyut banget nama blog ini, gampsng diingetnya, sukses ya mba

    ReplyDelete
  15. Betah deh di blognya mbak mput... Semangat berkarya dan menginspirasi selalu mbak

    ReplyDelete
  16. MasyaAllah mbak hebat, karyanya banyak sekali

    ReplyDelete
  17. Salfok sama rentetan antologinya hehe.
    Semoga bisa belajar bnyak dari Kaka ini ya

    ReplyDelete
  18. Gaya bahasanya ngalir banget mbak. Nggak ada kaku-kakunya. Aku perlu banyak belajar sama Mbak Puput ini

    ReplyDelete
  19. Suka sama logo dan gaya berceritanya 😍😍😍

    ReplyDelete
  20. Seeput mudah di ingat. Suka banget banget

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email